Rabu, 09 Desember 2015

Tugas FTP dan SMTP Layanan Jaringan

Assalamualaikum Wr Wb, Tugas kali ini dari mata kuliah Layanan Jaringan berhubungan dengan topik FTP dan SMTP. Pertama, kita butuh 1 buah router sebagai jembatannya, 2 buah switch, dan masing masing switch terdiri dari 4 buah server dan 2 buah PC. Untuk lebih jelasnya gambarnya seperti di bawah ini :
lalu pertama tama kita mulai konfigurasi DNS nya :
yang kedua kita konfigurai DHCP nya :
yang ketiga kita konfigurasi SMTP :
yang keempat kita konfigurasi FTP :
Kita mulai masuk ke PC0 dan mengkonfigurasi :
dan mengkonfigurasi PC1 :
lalu karna semua sudah di konfigurasi, kita lakukan pengecekan dengan mengirim email dari PC1 ke PC0, di PC0 keadaannya seperti :
dan PC1 menerima email dari PC0 :
tandanya sudah terkoneksi dengan benar antara PC0 dan PC1 yang menaungi nama yahoo.com. Lalu selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah mengetes apakah FTP berjalan dengan benar, yaitu dengan cara :
Untuk mengkonfigurasi sebelah kanan, yaitu ymail.com caranya sama saja seperti pada bagian sebelah kiri (yahoo.com) yang membedakan adalah saat memasukan alamat IP nya. Untuk yahoo.com menggunakan IP 192.168.1.* sedangkan ymail.com menggunakan IP 192.168.2.* Setelah kita mengkonfigurasi sama seperti diatas, yahoo.com dan ymail.com bisa saling berhubungan. Seperti pada gambar dibawah ini :
Untuk lebih jelas lagi bisa dilihat di link youtube berikut ini : https://youtu.be/5lD7_TWDcns Sekian pembahasan tentang topologi yang berhubungan dengan SMTP dan FTP, semoga bermanfaat. :) Wassalamualaikum Wr Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar